9 Cara Sederhana Mencegah Asam Lambung Tinggi

Cara Sederhana Mencegah Asam Lambung Tinggi ,- Asam lambung tinggi termasuk masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di Indonesia. Dimana penyakit ini terjadi ketika isi perut naik menuju esofagus dan kerongkongan yang terkadang mengakibatkan peradangan pada esofagus.

Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan kenaikkan asam lambung, seperti obesitas, alkohol, merokok dan konsumsi kafein. Tetapi, masalah kesehatan yang satu ini ternyata dapat dicegah kenaikkannya dengan cara sederhana.

Lantas, apa saja cara mencegah asam lambung tinggi ? Temukan jawaban lengkapnya hanya disini.

Cara Sederhana Mencegah Asam Lambung Tinggi

Cara Sederhana Mencegah Asam Lambung Tinggi

Tubuh menggunakan asam lambung untuk membantu mencerna makanan. Terkadang jumlah asam lambung dapat menjadi berlebih, sehingga menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

Berikut 9 cara sederhana mencegah asam lambung tinggi yang dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah :

  1. Menghindari Makanan Pemicu

Tingginya asam lambung dapat dipicu oleh makanan berlemak, dimana makanan ini akan sulit dicerna oleh tubuh sehingga lambung harus memproduksi asam lambung lebih banyak dan berisiko naik ke kerongkongan.

Selain itu, hindari juga kopi, coklat, alkohol dan makanan pedas karena berisiko membuat katup kerongkongan bagian bawah menjadi rileks sehingga memudahkan asam lambung untuk naik kembali ke kerongkongan.

Baca Juga : Makanan Penyebab Asam Lambung

  1. Hindari Makanan Asam

Asam lambung dapat terjadi akibat konsumsi makanan asam. Buah-buahan seperti jeruk merupakan makanan yang paling asam. Ini bukan berarti Anda harus menghilangkan makanan ini dari diet harian anda.

Anda juga harus membatasi konsumsi makanan seperti tomat, salsa, saus tomah, nanas, lemon, dan limau. Selain itu, cuka jenis asam yang sering digunakan untuk membumbui masakan juga dapat memperparah asam lambung tinggi.

  1. Makan Secara Teratur

Salah satu penyebab asam lambung tinggi adalah pola makan yang tidak teratur. Untuk itu, usahakan untuk mempunyai jam makan yang sama setiap harinya.

Disamping itu, Anda juga disarankan untuk tidak makan 2 jam sebelum tidur. Karena hal ini dapat memicu naiknya asam ke kerongkongan ketika tidur.

  1. Makan Dalam Porsi Kecil

Jika Anda membatasi diri untuk hanya makan dalam porsi kecil, perut akan lebih mudah mencerna makanan yang Anda masukkan. Tetapi, jika Anda tetap makan dalam porsi besar, hal ini hanya akan membuat asam lambung Anda semakin tinggi.

Untuk menghindari kelaparan, sebaiknya Anda makan lebih sering namun dalam porsi yang lebih kecil. Pastikan setiap makanan yang Anda konsumsi, mengandung sekitar 300 sampai 400 kalori.

  1. Hindari Kebiasaan Yang Tidak Sehat

Merokok dan kebiasaan langsung berbaring setelah makan merupakn beberapa hal yang sering dilakukan. Dimana kedua kondisi tersebut ternyata dapat mengakibatkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk menghindari kebiasaan tersebut guna mencegah munculnya penyakit asam lambung tinggi. Beri jeda waktu setidaknya 3 jam untuk berbaring setelah makan.

  1. Kunyah Makanan Dengan Benar

Meskipun terlihat sepele, mengunyah makanan dengan benar ini penting untuk dilakukan. Hal ini karena dapat membantu enzim pencernaan dalam mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah.

Sehingga hal ini tentu akan mengurangi risiko Anda terkena asam lambung naik atau mengurangi gejala asam lambung yang dialami agar tidak semakin memburuk.

  1. Tidak Melakukan Gerakan Yang Menekan Perut

Anda tentu harus berolahraga untuk selalu sehat. Tetapi, hindari melakukan gerakan yang mungkin memberi tekanan pada lambung, seperti melompat atau bergoyang-goyang.

Selain itu, hindari juga menggunakan pakaian yang ketat di bagian perut. Karena dapat menekan lambung dan menyebabkan isi lambung naik ke kerongkongan. Agar lebih aman, gunakan pakaian yang longgar.

  1. Tidur Dengan Posisi Kepala dan Dada Lebih Tinggi

Bila Anda khawatir akan mengalami asam lambung tinggi ketika tidur, mungkin Anda perlu mengganjal tubuh bagian atas agar tetap lebih tinggi dari tubuh bagian bawah.

Menjaga posisi tubuh bagian atas agar tetap lebih tinggi ini dapat membantu makanan agar tetap di dalam perut sampai dicerna oleh lambung, dan tidak kembali menuju esofagus.

  1. Tidur Yang Cukup

Asam lambung tinggi dapat terjadi jika tubuh memproduksi hormon stres akibat kurang tidur. Selain itu, naiknya asam lambung di malam hari juga dapat menyebabkan Anda kurang tidur dan akhirnya insomnia.

Jangan abaikan kondisi ini karena dapat menimbulkan komplikasi dan mengakibatkan penyakit menjadi kronis, yang akhirnya dapat menurunkan kualitas dan harapan hidup penderita. Segera perbaiki pola tidur Anda agar waktu tidur dapat tercukupi.

Itulah 9 cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah asam lambung tinggi. Selain mencegah asam lambung, merubah gaya hidup menjadi lebih sehat juga dapat membantu Anda untuk sembuh dari asam lambung tinggi.

Demikian informasi kami seputar cara sederhana mencegah asam lambung tinggi yang dapat disampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan.

~~~Terimakasih Telah Berkunjung dan Salam Sehat~~~

Dipersembahkan oleh :

www.obatasamlambungtinggi.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*