10 Ciri Awal Asam Lambung Tinggi Yang Sering Diabaikan

Ciri Awal Asam Lambung Tinggi

Anda sering mengalami nyeri pada ulu hati ? Atau sering mengalami sensasi terbakar di dada ? Hati-hati, bisa jadi Anda menderita penyakit asam lambung tinggi. Sebelum terlambat, yuk! Ketahui apa saja Ciri Awal Asam Lambung Tinggi yang sering terjadi.

Ciri Awal Asam Lambung Tinggi

Asam lambung tinggi adalah kondisi dimana kadar asam pada lambung mengalami peningkatan dan jauh dari batas normalnya, dimana kadar asam lambung dikatakan normal jika berada antara 1.5 hingga 3.5 ph.

Dalam istilah medis, asam lambung tinggi disebut dengan GERD (Gastro Esophagel Reflux Disease) yang termasuk gangguan kesehatan paling umum yang terjadi di masyarakat.

Sering kali asam lambung tinggi ini diabaikan oleh penderitanya, karena ciri-cirinya yang terlihat sepele. Padahal jika tidak segera ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi atau bahkan mengancam keselamatan penderitanya.

Karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri atau gejala asam lambung tinggi agar kita senantiasa waspada dengan penyakit ini.

10 Ciri Awal Asam Lambung Tinggi Yang Tidak Boleh Dianggap Sepele

Ada beberapa gejala asam lambung yang mirip dengan gejala sakit maag. Meski demikian, tingginya asam lambung tidak sama dengan penyakit maag, walaupun penyebab dan gejalanya hampir serupa.

Dan berikut 10 ciri-ciri awal orang yang terkena asam lambung tinggi :

  1. Nyeri dan Sensasi Terbakar Pada Dada

Ciri asam lambung tinggi yang pertama adalah nyeri di dada, yang mana kondisi ini terjadi karena asam lambung yang naik ke esofagus atau kerongkongan. Sehingga mengakibatkan rasa sakit di dada yang disertai dengan rasa panas seperti terbakar.

  1. Perut Terasa Mual dan Kembung

Terasa mual pada bagian lambung dan perut merupakan ciri lain orang terkena asam lambung tinggi. Dimana rasa mual ini akan muncul karena adanya nyeri pada bagian lambung dan mengakibatkan perut kembung.

Biasanya mual-mual juga akan terasa setelah mengkonsumsi makanan yang bersifat asam.

  1. Muntah-Muntah

Selain terasa mual, penderita asam lambung tinggi juga dapat mengalami muntah-muntah. Yang mana muntah-muntah ini akan diawali dengan lambung yang terasa mual dan kembung setelah mengkonsumsi makanan dengan kadar asam yang tinggi.

  1. Mulut Terasa Pahit

Saat asam lambung naik, zat asam bisa menyebar ke bagian belakang tenggorokan (faring) dan menimbulkan sensasi pahit seperti akan muntah.

Umumnya gejala ini akan terasa di malam hari ketika sedang beristirahat atau berbaring. Untuk meredakannya, Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan penetral asam lambung seperti antasid.

  1. Produksi Air Liur Berlebih (Hipersalivasi)

Seseorang yang mengalami asam lambung tinggi, biasanya akan merasakan peningkatan air liur yang berlebihan. Kondisi ini merupakan respon alami tubuh untuk menetralisir asam lambung yang naik hingga ke tenggorokan.

  1. Sering Bersendawa

Orang yang menderita asam lambung tinggi juga akan sering mengalami sendawa yang berulang-ulang. Dimana kondisi ini merupakan gejala lanjutan dari naiknya asam lambung ke arah kerongkongan hingga mulut.

  1. Suara Serak

Terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan suara menjadi serak, salah satunya asam lambung tinggi. Dimana kondisi ini terjadi karena naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan dan mengiritasi pita suara. Sehingga suara pun akan terdengar serak dan berbeda dari biasanya.

  1. Nyeri Tenggorokan

Penderita asam lambung dapat mengalami nyeri tenggorokan yang bisa dibilang mirip dengan gejala flu. Namun yang membedakan dengan gejala flu adalah nyeri tenggorokan tidak disertai dengan demam, bersin-bersin dan seringkali terjadi hanya setelah makan.

  1. Batuk dan Sesak Nafas

Penyakit asam lambung tinggi yang berlangsung lama bisa mempersempit saluran pernafasan dan menyebabkan peradangan. Dimana lambat laun hal ini akan mengakibatkan penderitanya batuk-batuk dan kesulitan bernapas.

  1. Sulit Menelan

Naiknya asam lambung secara terus-menerus dapat melukai kerongkongan dan memicu munculnya jaringan parut atau pembengkakan yang mengakibatkan terjadinya penyempitan kerongkongan. Sehingga membuat penderita kesulitan ketika menelan makanan.

Sebenarnya pada tahap ringan, penyakit ini masih bisa diatasi dengan cara sederhana seperti mengubah menu makanan dan mengkonsumsi obat-obatan yang bisa meredakan gejalanya. Akan tetapi, jika gejala terus berlanjut dan bahkan bertambah parah, ada baiknya segera periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Baik itu gejala ringan ataupun berat, asam lambung tetap bisa diobati secara alami yakni dengan obat herbal Gamat Emas Kapsul ( JYNC-KP ) yang telah terbukti ampuh dan aman dalam mengobati asam lambung tinggi secara alami tanpa menimbulkan efek samping apapun.

Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi >> Obat Asam Lambung Tinggi

Demikian informasi kami seputar Ciri Awal Asam Lambung Tinggi, Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan pengetahuan Anda.

Terimakasih telah berkunjung dan menyimak informasi singkat kami. Jangan lupa share ke yang lainnya, jika menurut Anda informasi ini bermanfaat. Salam Sehat 🙂

Ciri Awal Asam Lambung Tinggi

1 Trackback / Pingback

  1. Awas! Asam Lambung Tinggi Menyebabkan Sesak Nafas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*