Pentingnya Gaya Hidup Sehat Bagi Penderita Asam Lambung

Pentingnya Gaya Hidup Sehat Bagi Penderita Asam Lambung ,- Menjalankan gaya hidup sehat bagi beberapa orang sering kali dianggap sebagai sesuatu yang merepotkan, salah satunya adalah bagi orang yang menderita penyakit asam lambung.

Padahal menjalani gaya hidup sehat ini sangat penting untuk dilakukan oleh penderita asam lambung, hal ini karena gaya hidup sehat dapat membantu agar penyakit asam lambung tidak kambuh dan bahayanya pun dapat diminimalisir.

Lalu, apa saja gaya hidup sehat yang dapat dilakukan tersebut ? Nah, untuk mengetahui jawabannya, simak artikel ini sampai selesai.

Gaya Hidup Sehat Bagi Penderita Asam Lambung

Gaya Hidup Sehat Bagi Penderita Asam Lambung

Menerapkan gaya hidup sehat perlu disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, kondisi kesehatan, dan kebiasaan makan penderita.

Hasilnya pun dapat bervariasi, Anda tidak bisa mengharapkan hasil perubahan gaya hidup yang sama dengan seseorang yang kondisi kesehatannya sama ataupun berbeda dengan anda.

Meski demikian, berikut beberapa cara memulai gaya hidup sehat yang dapat langsung diterapkan oleh penderita asam lambung :

  1. Perhatikan Jam Makan Anda

Banyaknya aktivitas yang dilakukan, sering kali membuat Anda telah atau bahkan lupa makan. Padahal, salah satu penyebab tingginya asam lambung adalah karena pola makan yang tidak teratur.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan waktu makan Anda. Disamping itu, Anda juga tidak disarankan untuk makan 2 jam sebelum tidur, karena hal tersebut dapat memicu timbulnya gejala asam lambung tinggi.

  1. Makan Secara Sehat dan Seimbang

Pastikan menu makanan Anda terdiri dari makanan yang seimbang dan menyehatkan. Dalam hal ini, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan tubuh Anda, seperti sayuran hijau, daging tanpa lemak, dan oatmeal.

Jika Anda mempunyai kebiasaan pola makan yang tidah sehat, mungkin Anda perlu mendata semua makanan yang dikonsumsi setiap hari. Catatan ini berguna agar Anda membatasi konsumsinya.

  1. Batasi Asupan Kafein

Kandungan asam yang tinggi dalam kopi bisa mengakibatkan otot cincin kerongkongan (esophageal sphincter) melemas sehingga memungkinkan asam lambung untuk naik ke kerongkongan.

Hal ini tentu akan memicu terjadinya refluks asam lambung. Selain kopi, Anda juga harus menghindari teh (berkafein atau tidak) karena dapat memperburuk gejala asam lambung.

  1. Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung Tinggi

Mengkonsumsi makanan pedas dan makanan terlalu asam dapat memicu produksi asam lambung sehingga dapat menyebabkan luka pada lambung Anda.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan air putih bagi tuguh agar membantu tubuh tetap beraktifitas secara optimal. Usahakan untuk mengkonsumsi 1-3 gelas air putih ketika bangun tidur, sebelum tidur dan sebelum makan.

  1. Kelola Stres Anda

Menjaga kesehatan mental dan hindari stres termasuk ke dalam gaya hidup sehat yang perlu dilakukan penderita asam lambung. Mengelola stres dapat dilakukan dengan mengambil waktu untuk rileks, melakukan hobi, yoga atau meditasi.

Alihkan juga pikiran Anda dari aktifitas pekerjaan dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan atau melakukan hal-hal sederhana seperti bekerja sambil mendengarkan musik, merilekskan tubuh sejenak, dan lain sebagainya.

  1. Olahraga Secara Teratur

Gaya hidup sehat yang sering dilewatkan oleh orang-orang yang tinggal di kota besar adalah olahraga. Melakukan olahraga yang benar dan waktu yang tepat dapat membuat peredaran darah Anda menjadi lancar, menguatkan otot dan tulang.

Pakar kesehatan menyarankan untuk berolahraga dengan durasi total minimal 150 menit setiap minggu. Anda bisa menyisihkan waktu 2 jam setengat per minggu untuk melakukan aktivitas aerobik, seperti berjalan, berlari, push-up, dan sit-up.

  1. Perbaiki Waktu Tidur

Buatlah jadwal tidur yang tetap. Dan usahakan gawai, komputer atau televisi Anda sudah mati setidaknya 2 jam sebelum waktu tidur yang telah ditentukan. Olahraga berat sebelum tidur juga tidak dianjurkan.

Anda dapat mandi air hangat atau minum secangkir teh untuk membuat badan serta pikiran menjadi rileks, sehingga membantu Anda untuk lekas tidur. Pastikan Anda tidur setidaknya 8 jam sehari agar detokfikasi dalam tubuh jauh lebih sempurna.

  1. Tidak Merokok

Siapa yang tidak tahu bahaya rokok, sebagian besar orang telah mengatahui bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Baik perokok aktif ataupun perokok pasif, keduanya mempunyai risiko tinggi terkena beberapa penyakit, termasuk penyakit asam lambung tinggi.

Karena itu, bagi Anda yang saat ini masih aktif merokok, perlahan kurangi kebiasaan merokok Anda dan jika perlu hentikan kebiasaan merokok anda. Selain merugikan kesehatan, merokok juga dapat ‘menguras’ isi dompet Anda.

Itulah beberapa gaya hidup sehat yang perlu dilakukan oleh penderita asam lambung tinggi. Jika kondisi fisik Anda sehat, makan Anda pun dapat melakukan aktivitas dengan nyaman sehingga hasil yang diperoleh pun dapat optimal.

Meskipun sulit berpaling dari kebiasaan lama, Anda juga perlu menyadari bahwa dengan menjalani gaya hidup sehat sebagai kebiasaan yang baru, risiko Anda terkena penyakit lain akibat asam lambung tinggi pun akan ikut berkurang.

Disamping itu, gaya hidup sehat juga dapat memperbesar kesempatan Anda untuk hidup lebih panjang. Sebuah penelitian membuktikan jika kebiasaan berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari dapat menurunkan risiko meninggal di usia dini secara signifikan.

Untuk itu, tunggu apa lagi ? Yuk, ubah gaya hidup Anda menjadi lebih baik dan sehat. Jangan lupa, konsultasikan juga ke dokter juga Anda mengalami gejala penyakit asam lambung tinggi.

Dipersembahkan oleh :

www.obatasamlambungtinggi.com

1 Trackback / Pingback

  1. Catat! Inilah 8 Cara Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*