Gejala Asam Lambung Tinggi Pada Anak-Anak

Gejala Asam Lambung Tinggi Pada Anak-Anak ,- Asam lambung tinggi dapat menyerang siapa saja, termasuk bayi dan anak-anak. Anda sebagai orang tua harus mengetahui apa saja gejala asam lambung tinggi pada anak-anak. Simak ulasannya sampai tuntas.

Gejala Asam Lambung Tinggi Pada Anak-AnakAsam lambung tinggi atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi dimana asam lambung mengalir menuju ke esofagus atau kerongkongan (saluran yang menghubungkan mulut ke lambung), kondisi ini akan menyebabkan sensasi terbakar di dada dan nyeri pada ulu hati.

Penyakit asam lambung ini termasuk masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat. Yang mana kondisi ini disebabkan karena tidak berfungsinya Lower Esophageal Sphinchter (LES), yaitu lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus.

LES ini berfungsi sebagai pintu yang akan otomatis terbuka ketika makanan atau minuman turuk ke lambung dan setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam naik kembali ke esofagus.

Tetapi ada kalanya, fungsi LES ini menjadi terganggu akibat beberapa hal, seperti : faktor keturunan, terpapar asap rokok orang lain, mengkonsumsi makanan asam, dan konsumsi obat golongan NSAID (seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen sodium).

Tingginya asam lambung ini dapat terjadi pada semua usia, tidak terkecuali anak-anak. Kebanyakan anak-anak kurang bisa menyadari kondisi kesehatannya sendiri, saat seperti inilah peran orang tua diperlukan untuk mengawasi dan mengantisipasi setiap gejala yang dialami anak.

Gejala Asam Lambung Tinggi Pada Anak-Anak

  1. Tidak Mau Makan

Umumnya anak-anak memiliki nafsu makan yang besar, tetapi bil anak Anda enggan untuk makan padahal Anda sudah menyiapkan makanan kesukaannya, Anda perlu mencurigai kondisi tersebut.

Selain itu, anak yang mengalami asam lambung tinggi juga akan meminta makanan ringan selama beberapa hari. Anda perlu memeriksakannya ke dokter bila si kecil menunjukkan gejala tersebut. Kondisi ini bisa ditangani lebih dini sebelum anak mengalami bahaya asam lambung tinggi.

  1. Berat Badan Tidak Bertambah

Bila anak tidak nafsu makan, maka kondisi ini pun dapat berdampak pada hal lain yaitu berat badan tidak bertambah atau bahkan malah berkurang. Gejala ini juga akan disertai dengan tubuh anak yang terlihat lemas.

Jika benar anak Anda sakit asam lambung tinggi, maka jangan membiarkannya karena hal ini hanya akan membuat lambungnya semakin parah.

  1. Sakit Perut

Gejala asam lambung tinggi pada anak yang mudah untuk dikenali adalah anak mengalami sakit perut. Kondisi ini sudah menjadi gejala umum yang terjadi bila asam lambung mengalami peningkatan dan membuat lambung menjadi perih.

Sakit perut pada anak akibat asam lambung tinggi biasanya terjadi secara berulang pada pagi, siang dan malam hari. Bila anak Anda mengalami kondisi ini selama berturut-turus, maka kemungkinan asam lambung anak Anda mengalami peningkatan.

  1. Nyeri Pada Ulu Hati

Selain sakit perut, gejala asam lambung lainnya yang dialami anak yaitu nyeri pada ulu hati. Namun, gejala ini hanya anak-anak yang berusia 5 tahun ke atas yang bisa memberi tahu Anda tentang apa yang ia rasakan, sementara untuk anak dibawah 5 tahun belum bisa mengutarakannya dengan jelas.

Pada anak dibawah usia 5 tahun, mungkin ia akan menangis dan mengeluh ada yang sakit di bagian perut. Anda perlu curiga dan segera periksa ke dokter. Kondisi ini bisa jadi gejala asam lambung, namun bisa juga hanya menderita sakit perut biasa tanpa ada kelainan serius.

Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Penderita Asam Lambung Tinggi

  1. Perut Kembung

Perut kembung pada anak juga termasuk gejala asam lambung tinggi. Sebagai orangtua, Anda jangan sampai menyepelekan kondisi tersebut. Hal ini karena perut kembung juga dapat menjadi tanda dari kondisi medis lainnya yang bisa berbahaya bagi si kecil.

Perhatikan dan tanyakan pula apakah ia mengalami nyeri atau sakit pada bagian perut atas. Selain itu, sering kentut dapat menandakan perut kembung yang sering kali dikaitkan dengan sakit asam lambung tinggi.

  1. Mual dan Muntah

Sama seperti yang terjadi pada orang dewasa, anak-anak yang mengalami asam lambung tinggi juga dapat mengalami mual, yang selanjutnya akan disertai dengan muntah-muntah. Bunda harus memahami bahwa mual dan muntah ini dapat menjadi gejala asam lambung tinggi pada anak.

Anda harus semakin waspada dan bertindak cepat ketika si kecil mengalami muntah yang disertai darah. Kondisi ini bisa menandakan jika kenaikan asam lambung sudah melukai dinding lambung anak.

  1. Buang Air Besar Tidak Lancar

Ketika BAB anak Anda tidak lancar atau bahkan sulit BAB, Anda perlu khawatir dengan kondisi tersebut. Gejala asam lambung tinggi pada anak juga dapat berupa BAB tidak lancar, hal ini karena gangguan pencernaan yang dialami anak.

Kesulitan BAB juga dapat disebabkan karena nafsu makan anak yang berkurang, sehingga perut kurang terisi akibatnya tidak ada yang ingin dikeluarkan. Dengan adanya beberapa gejala ini, segera temui dokter untuk mengetahui kepastian apakah si kecil memang sakit asam lambung tinggi atau tidak.

Cara Mencegah Asam Lambung Tinggi Pada Anak

Untuk mencegah naiknya asam lambung pada anak, ada baiknya Anda mencoba beberapa hal yang bisa membantu si kecil merasa nyaman, seperti :

  • Berikan asupan gizi yang baik untuk anak.
  • Jangan biarkan anak tidur setelah makan, setidaknya beri jarak 2-3 jam agar isi lambung tidak berbalik ke kerongkongan.
  • Hindari anak dari paparan asap rokok, karena asap rokok dapat melemahkan fungsi katup penghubung antara lambung dan kerongkongan (LES).
  • Hindari anak dari makanan yang bisa memicu asam lambung, seperti makanan asam, makanan asin, dan coklat.

Itulah beberapa gejala asam lambung tinggi pada anak serta pencegah yang bisa bunda lakukan. Jaga pola makan si kecil agar terhindar dari asam lambung tinggi.

Untuk pengobatan asam lambung tinggi, kami menyarankan untuk mengkonsumsi Walatra Gamat Emas dalam penyembuhan asam lambung tinggi pada anak Anda. Karena obat herbal ini terbuat dari 100% bahan alami, tidak mengandung bahan kimia dan tanpa efek samping apapun. Sehingga aman untuk dikonsumsi si kecil.

Kami juga telah banyak membantu para konsumen untuk mendapat kesembuhan secara total dengan obat herbal Walatra Gamat Emas. Obat herbal ini dapat membantu mengatasi gejala asam lambung tinggi sekaligus menyembuhkan asam lambung tinggi. Buktikan sendiri khasiat luar biasanya sekarang juga!

Demikianlah artikel yang bisa kami sampaikan seputar gejala asam lambung tinggi pada anak-anak. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*