Macam-Macam Penyakit Yang Mengganggu Fungsi Lambung

Mengetahui macam-macam penyakit yang mengganggu fungsi lambung sangat penting untuk dilakukan. Mengingat peranan lambung yang sangat penting untuk menyimpan dan memecah makanan atau minuman, sehingga kesehatan lambung tentu perlu dijaga.

Dan pada kesempatan kali ini, kami akan menginformasikan apa saja penyakit yang bisa menyerang lambung anda. Silahkan simak sampai dengan selesai.

Macam-Macam Penyakit Yang Mengganggu Fungsi Lambung

Lambung adalah salah satu organ pada sistem pencernaan yang berfungsi untuk mencerna makanan dan menyerap beberapa sari-sari makanan. Lambung ini memiliki bentuk seperti kantung serta terletak dibagian atas rongga perut.

Jika lambung tidak dijaga, tentu fungsi lambung tidak akan berjalan normal dan bisa mengundang beragam penyakit lambung. Kondisi yang seperti ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas dan rutinitas harian anda.

Berikut ini adalah macam-macam penyakit yang mengganggu fungsi lambung dan perlu anda hindari:

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

GERD atau yang lebih dikenal dengan sebutan penyakit refluks asam lambung adalah jenis penyakit lambung yang terjadi ketika asam lambung beserta isi lambung naik ke esofagus atau kerongkongan hingga menimbulkan iritasi pada dinding esofagus dan nyeri ulu hati.

Asam lambung yang telah mengiritasi dinding esofagus dapat menyebabkan peradangan, pendarahan dan penyempitan esofagus akibat jaringan parut dari luka yang mengering. Kondisi ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker esofagus.

Penyakit GERD ditandai dengan perut kembung, rasa asam dimulut akibat asam lambung yang naik, nyeri dada, nyeri tenggorokan, sering cegukan, bersendawa, batuk kering, hingga kesulitan ketika menelan makanan yang dikonsumsi.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko anda terkena GERD yaitu sering mengkonsumsi minuman beralkohol, teh atau kopi, kecanduan merokok, kelebihan berat badan (obesitas), dan tidur setelah makan. Bila dibiarkan tanpa pengobatan, kondisi ini dapat bertambah parah.

Gastritis

Gastritis adalah penyakit pada lambung yang terjadi ketika dinding lambung atau lapisan mukosa lambung mengalami peradangan. Orang awam sering menyebut gastritis adalah maag, padahal gastritis pada dasarnya berbeda dari maag.

Umumnya gastritis dapat disebabkan oleh mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol atau kafein secara berlebihan, mengalami stres, efek samping obat seperti ibuprofen atau aspirin, hingga akibat infeksi atau gangguan autoimun.

Orang yang mengalami gastritis akan merasakan gejala berupa mudah merasa kenyang, sakit pada perut, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, cegukan, dan buang air besar disertai dengan tinja yang berwarna hitam.

Maag

Berbeda dengan gastritis, maag adalah sekumpulan gejal yang muncul dan bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada perut bagian atas. Gejala yang biasanya dirasakan yaitu sakit perut, buang gas berlebihan, perut kembung, cepat merasa kenyang dan tidak bisa menyelesaikan makan.

Kondisi yang juga disebut dengan sindrom dispepsia ini umumnya bukan pertanda masalah kesehatan serius. Namun, bukan berarti maag bisa dianggap sepele. Tanpa adanya perbaikan pola hidup dan penangan yang tepat, maag dapat menjadi tanda penyakit lambung yang lebih parah.

Kebanyakan maag sering berkaitan dengan penyakit gastritis, tukak lambung hingga kanker lambung. Namun terkadang terjadinya maag juga tidak berkaitan dengan adanya penyakit tersebut. Segera konsultasikan ke dokter bila anda mengalami kondisi ini.

Gastroparesis

Gastroparesis adalah kondisi dimana lambung lebih lambat dalam mencerna makanan. Kondisi ini akan terjadi ketika otot-otot dinding lambung tidak bekerja dengan baik sehingga fungsi percernaan pada lambung menjadi terganggu.

Kondisi ini terjadi ketika saraf lambung rusak sehingga otot-otot lambung dan perut tidak berfungsi secara normal. Akibatnya makanan menjadi bergerak lambat atau bahkan dapat berhenti, sehingga menghambat proses pengosongan lambung.

Terdapat beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan peluang anda menderita gastroparesis, seperti diabetes, gangguan tiroid, terapi radiasi pada bagian perut untuk kasus kanker, riwayat operasi pada saluran pencernaan, dan efek samping obat-obatan seperti antinyeri golongan narkotik.

Kanker Lambung

Jenis penyakit lainnya yang bisa menyerang lambung, yaitu kanker lambung. Ini termasuk jenis kanker berbahaya yang terjadi saat sel-sel kanker terbentuk di lapisan lambung. Sel-sel ini dapat tumbuh menjadi tumor dan umumnya tumbuh secara perlahan selama bertahun-tahun.

Hingga saat ini penyebab pasti mengapa kanker lambung terjadi belum diketahui. Namun, ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kanker lambung, diantaranya berusia diatas 55 tahun, infeksi bakteri H.pylori, merokok, obesitas, sering konsumsi daging merah, garam, dan jarang konsumsi serat.

Awalnya gejala kanker lambung akan sulit dikenali karena hampir sama dengan masalah lambung lainnya. Gejalanya dapat berupa perut kembung, nyeri pada tulang dada, mual, muntah, anemia, sakit kuning, dan perut membengkak. Agar memastikan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Itulah macam-macam penyakit yang mengganggu fungsi lambung yang bisa terjadi. Penyakit pada lambung tidak hanya mengganggu aktivitas tapi juga kesehatan secara keseluruhan akibat terganggunya pencernaan dan asupan nutrisi.

Karena itu, anda harus menjaga kesehatan lambung dengan memerhatikan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Atau agar terhindar dari penyakit lambung tersebut, anda bisa mengkonsumsi obat herbal yang memiliki khasiat sangat baik untuk lambung anda.

Untuk mengetahui apa obat herbal yang bagus untuk kesehatan lambung, anda dapat mengunjungi halaman berikut >> Obat Herbal Yang Berkhasiat Untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan terkait macam-macam penyakit yang mengganggu fungsi lambung. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan dapat menambah wawasan pengetahuan anda. Terimakasih atas kunjungan dan salam sehat 🙂

Posted by. www.obatasamlambungtinggi.com

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Menuntaskan Tukak Lambung Agar Tidak Kambuh Lagi | OBAT ASAM LAMBUNG TINGGI SECARA ALAMI

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*