Wajib Tahu! Inilah 12 Makanan Penyebab Asam Lambung Tinggi

Makanan Penyebab Asam Lambung Tinggi

Penyebab naiknya asam lambung dapat beragam, mulai dari telat makan, stres, hingga mengkonsumsi makanan tertentu. Agar tidak salah makan, ketahui beragam Makanan Penyebab Asam Lambung Tinggi yang perlu Anda hindari.

Makanan Penyebab Asam Lambung Tinggi

Tidak hanya pola makan yang tidak teratur saja, namun asam lambung juga dapat disebabkan oleh beberapa jenis makanan yang mempunyai kandungan asam tinggi. Karena itu, sebelum asam lambung terjadi, Anda harus cermat dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Nah, berikut ini beberapa makanan penyebab asam lambung tinggi yang harus dihindari, antara lain :

  1. Makanan Yang Digoreng

Semua jenis makanan yang digoreng dapat menyebabkan kadar asam lambung naik sampai ke kerongkongan. Dimana minyak goreng dapat membuat pencernaan menjadi tidak nyaman dan sering memicu Anda untuk bersendawa.

Ketika Anda bersendewa inilah, sebagian asam dari lambung dapat naik ke kerongkongan dan menyebabkan mual serta muntah yang berlebihan. Sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang digoreng dan ganti dengan makanan yang dikukus atau dipanggang.

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas merupakan penyebab umum asam lambug tinggi. Rasa pedas yang ditimbulkan dapat memicu perut mulas dan sensasi terbakar pada bagian dada.

Kurangilah makanan dengan kandungan cabai atau lada, tetapi alangkah lebih baiknya jika Anda tidak mengkonsumsinya sama sekali.

  1. Makanan Cepat Saji (Junk Food)

Mengkonsumsi makanan cepat saji, sebaiknya tidak dilakukan oleh orang yang memiliki masalah dengan asam lambung. Pasalnya junk food mengandung kalori tinggi dan lemak yang akan membuat perut mudah kenyang, namun sebenarnya sulit sekali untuk dicerna.

Jika Anda tetep ingin mengkonsumsi makanan cepat saji, konsumsilah dalam batas wajar dan jangan dalam jumlah banyak serta tidak terlalu sering.

  1. Daging Berlemak

Asam lambung dapat disebabkan oleh lemak padat yang ada didalam sapi, kambing dan unggas yang sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan. Untuk mencegahnya, setidaknya Anda dibolehkan mengkonsumsi daging satu kali dalam seminggu.

  1. Buah Jeruk

Kandungan asam yang terdapat pada buah jeruk dapat mengakibatkan rasa mulas dan sensasi terbakar di perut. Yang mana sensasi ini akan terjadi jika Anda mengkonsumsi buah jeruk ketika perut dalam keadaan kosong.

  1. Buah Anggur

Buah anggur merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai kandungan vitamin yang banyak. Namun disamping itu, buah anggur juga mengandung asam yang lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Sehingga dapat memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan.

  1. Cokelat

Cokelat memang menggoda, namun kandungan kafein dan theobromine pada cokelat dapat menyebabkan refluks. Selain itu, cokelat juga mengandung lemak yang tinggi dan lemak dapat memicu terjadinya kenaikan pada asam lambung.

  1. Produk Susu Tinggi Lemak

Jika Anda memiliki masalah dengan asam lambung, sebaiknya hindari produk susu tinggi lemak. Pilihlah susu rendah lemak untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda. Contoh produk susu tinggi lemak yaitu es krim, keju, yoghurt dan butter.

  1. Soda

Selain membuat perut kembung, soda dapat menyebabkan peningkatan asam lambung. Gelembung soda dari minuman berkarbonasi dapat menyebar ke seluruh perut dan memicu peningkatan asam lambung.

Bahkan soda yang mengandung kafein dapat membuat kondisi asam lambung Anda semakin memburuk. Karena itu, Anda harus menghindari minuman bersoda jika tidak ingin mengalami mual, panas lambung dan mulas.

  1. Alkohol

Sama seperti minuman bersoda, alkohol juga dapat menyebabkan peningkatan asam lambung. Alkohol dapat merelaksasi katup di bawah esofagus (manyatu dengan lambung) yang bisa mengakibatkan asam lambung tinggi.

  1. Kopi

Kopi mengandung kafein yang dapat membuat lambung menjadi sangat sensitif. Selain itu, kafein pada kopi juga dapat membuat bagian produksi udara dalam perut dan menyebabkan naiknya asam ke kerongkongan.

  1. Minuman Dingin

Minuman dingin dapat mengakibatkan lambung dan usus shock, sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman. Minuman dingin dapat menekan proses pencernaan dan membuat Anda lebih cepat kenyang.

Terlebih lagi jika minuman dingin disertai dengan makanan berlemak dapat membuat produksi asam lambung menjadi lebih tinggi.

Memang tidak mudah untuk menghindari makanan penyebab asam lambung tinggi, karena rasanya yang enak dan mungkin sudah menjadi favorit Anda. Namun sebaiknya bijak dalam memilih makanan agar terhindar dari penyakit asam lambung tinggi.

Bagi Anda yang sedang mencari pengobatan asam lambung tinggi, disini kami sarankan agar Anda mencoba pengobatan dengan mengkonsumsi obat herbal Gamat Emas Kapsul yang telah terbukti aman tanpa menimbulkan efek samping apapun.

Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda dapat mengunjungi => Obat Asam Lambung Tinggi

Demikian artikel singkat kami seputar Makanan Penyebab Asam Lambung Tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjawab rasa ingin tahu anda.

Terimakasih telah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel sederhana kami. Salam Sehat Keluarga Indonesia 🙂

Makanan Penyebab Asam Lambung Tinggi

1 Trackback / Pingback

  1. Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung - TERLENGKAP

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*